Rabu, 19 Oktober 2011

BAB I ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM

BAB I
ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM



A.     STUDI KASUS

Tak Perlu Malu Hadapi Busung Lapar

Kasus busung lapar tiba-tiba menarik perhatiandan membuat kaget seluruh elemen masyarakat. Di tengah maraknya berbagai kasus korupsi, di mana pelakumnya hidup bermewah-mewah di luar batas kewajaran, ternyata masyarakat lainnya masih kesulitan memperoleh makanan bergizi karena tidak mampu membeli.
Munculnya kasus busung lapar di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memang mengejutkan, karena selama ini NTB dikenal sebagai lumbung beras nasional. Setelah kasus ini diangkat ke permukaan dan menjadi perhatian nasional, gubernur NTB kaget karena di daerahnya ditemukan kasus busung lapar.
Sebenarnya, kasus busung lapar biasa diatasi bila setiap daerah  tidak menganggap remeh persoalan kesejahteraan masyarakatnya. Pembangunan ekonomi saat ini lebih menitikberatkan terhadap pembangunan fisik semata, seperti pembangunan jalan tol dan pembangunan pusat-pusat perbelanjaan dengan menggusur masyarakat miskin. Akibatnya, masyarakat miskin yang seharusnya mendapatkan perhatian pemerintah justru makin terpinggirkan. Rata-rata penghasilan orang tua yang anaknya menderita busung lapar masih dibawah standar. Penghasilan mereka sangat tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sehingga timbul busung lapar.
Saat  ini, selain di NTB kasus burung lapar juga ditemui di beberapa daerah lain, seperti NTT, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Ironis sekali memang, selain sebagai pusat perekonomian dan industri, di Jakarta juga masih banyak ditemui kasus busung lapar dan gizi buruk.
Sebaiknya pemerintah pusat dan daerah tidak perlu malu mengungkap kasus busung lapar. Fakta tidak perlu ditutup-tutupi. Dengan dibukanya kasus ini secara gamblang, pemerintah pusat justru memperoleh gambaran lebih lengkap sehingga bias mengambil kebijakan untuk mengatasinya .
Kasus busung lapar di berbagai daerah memberikan gambaran bahwa program-program yang menyangkut kesejahteraan rakyat di masa lalu yang pernah berjalan baik , ternyata saat ini tidak lagi dilakukan secara kontinu. Pemerintah pun menyadari sehingga program PKK, pekan imunisasi nasional, dan apotek hidup akan kembali diaktifkan. Dalam mengatasi busung lapar, keberadaan posyandu sangatlah penting untuk memantau kondisi balita setiap bulan.           
(Sumber: Kompas Cyber Media)
B.     PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi dan psikologi.


  • Opini   : Opini diatas dari wacana diatas adalah seharusnya pemerintah bertindak tegas dalam mengatasi busung lapar yang terjadi disetiap daerah supaya persoalan ini dapat terselesaikan dengan baik, selain itupemerintah juga jangan mementingkan sekali persoalan pembangunan pusat perbelanjaan seharusnya pemerintah prihatin atas persoalan busung lapar ini. Satu hal lagi program  yang dibuat pemerintah yang mengenai kesejahteraan masyarakat seharusnya berjalan dengan lancar jangan berhenti ditengah jalan supaya kasus busung lapar ini terus berlanjut




Tidak ada komentar:

Posting Komentar